Penulis adalah lelaki kelahiran Klaten, Jawa Tengah.

Lulusan Fakultas Syare’ah, Universitas Islam, Madinah Al Munawarah. Sekarang sedang menempuh studi pasca sarjana di Fakultas Studi Islam, Universitas Al Azhar, Kairo. Dan pada tanggal 21 Oktober 2007 telah menyelesaikan program Doktoral pada universitas dan fakultas yang sama.

Presidium Forum Ukhuwah Mahasiswa Islam Universitas Madinah 1995-1996. Ketua I PCIM ( Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah) Kairo, Mesir 2004-2006 dan Ketua Majlis Tarjih dan Tajdid PCIM Kairo 2006-2008.

Ketua Perwakilan DDII ( Dewan Dakwah Islam Indonesia ) Kairo 2006- 2009

Pengisi tetap kajian Ushul Fiqh di SEMA FSI ( Senat Mahasiswa Fakultas Syareah Islamiyah ) Universitas Al Azhar dan di AL MAKKI ( Alumni Madrasah Aliyah Program Khusus ) Padang , Sumatra Barat.

Pengisi tetap kajian Tafsir “ Al Qur’an dan Kehidupan “ di Forum Studi Al Ukhuwah, Kairo.

Pengisi tetap rubrik konsultasi agama majalah keluarga ” Al Mawaddah ” Kairo.

Pengisi tetap Kajian Ke-Islaman di Radio : www. Qommunityradio.de

Aktif sebagai anggota KSW ( Kelompok Studi Wali Songo )

Aktif mengisi dalam beberapa kegiatan yang diadakan oleh Kekeluargaan Tapanuli Selatan ( KPTS ) , Banten ( KMB ) , Sumatra Barat ( KMM), Riau ( KSMR ), Jawa Tengah ( KSW ) , Jawa Timur ( Gama Jatim ) , Jawa Barat ( KPMJB) , Medan ( HMM) , Sulawesi ( KKS) , Pelajar Islam Indonesia ( PII ) , Pimpinan Cabang Nahdhatul Ulama ( PCNU ) , Perwakilan Persatuan Islam ( PWK Persis ) , Perpustakaan Mahasiswa Indonesia Kairo ( PMIK ), Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia ( PPMI ) , dan Mahasiswi ( WIHDAH ) , ICMI, Sekolah Indonesia Cairo ( SIC ) , Pengajian ibu-ibu home staf KBRI ( Al Muttaqin ) , lokal staf KBRI ( An Nisa ) dan lain-lain.

KAMI SEKARANG SUDAH BERADA DI INDONESIA, SILAHKAN KONTAK KE NO : +6281319063442

SEMENTARA INI AKTIF SEBAGAI  :

DIREKTUR  PESANTREN TINGGI ” AL ISLAM  ” , BEKASI

PUKET III STID, BAGIAN HUBUNGAN LUAR NEGRI

DEWAN DAKWAH INDONESIA PUSAT,  BAGIAN GHOZWUL FIKRI ( JL KRAMAT RAYA 45, JAKARTA PUSAT )

PENELITI DI INSIST, JAKARTA SELATAN

DOSEN DI :

PASCA SARJANA UMS SURAKARTA,

UNIVERSITAS HAMKA JAKARTA SELATAN,

PASCA SARJANA ( PUSAT STUDI TIMUR TENGAH DAN ISLAM ) , UNIVERSITAS INDONESIA JAKARTA PUSAT

STID ( SEKOLAH TINGGI ILMU DAKWAH MUH. NATSIR ) JAKARTA PUSAT

62 Tanggapan to “Tentang Penulis”

  1. gunawan Says:

    assalamu’alaikum.
    mas, sebelumnya izinkan saya untuk menjalin silaturrahmi dengan mas ahmad.
    saya tertarik dengan studi yang sedang mas jalani sekarang. saya mahasiswa filsafat UGM Jogjakarta berasal dari sumatera barat, sekarang aktif di imm UGM
    mas, saya sangat tertarik dengan studi pemikiran islam. mungkin melalui media ini saya bisa mendapatkan banyak informasi dari mas ahmad tentang perkembangan pemikiran islam di dunia dewasa ini.
    sekian dulu surat dari saya, mohon di balas ya mas
    wassalamu’alaikum

  2. ahmadzain Says:

    walaikumus salam
    Saya sangat senang, antum mau bersilatuahim lewat media ini, kebetulan sudah lama saya berteman dengan orang-orang awak, saya sendiri sumando, istri saya orang Maninjau, yang tinggal lama di Bengkulu.

    informasi dan masukan-masukan dari antum, saya tunggu, terimakasih

    wassalamu’alaikum

  3. razi Says:

    assalamualaikum wrb

    salam kenal, nama saya fakhrurrazi, asli dari aceh. Sedang menempuh S2 di UGM. saya hanya ingin bertanya tentang hukum wakaf . Bagaimana definisi wakaf yang di ajarkan oleh islam. Apakah wakaf di wajibkan oleh islam kepada Umatnya?. bagaimana perbandingan wakaf menurut Hukum islam dan hukum positif, apakah ada UU yg mengatur tentang wakaf di indonesia.dan apakah mungkin wakaf sebagai resolusi kemiskinan di indonesia?
    atas jawabanya saya ucapkan terima kasih .
    Wassalam

  4. ahmadzain Says:

    Assalamulaikum Wr. Wb

    Alhamdulillah jawabannya bisa antum lihat di katogori Konsultasi Agama. terimakasih

    Wassalam

  5. syam Says:

    Assalamua’alaikum, salam kenal mas. aq muslim yang tak mengenal islam secara mendalam. oleh karana itu aq tertarik dengan situs isalam baik. yang ingin aq tanyakan apa ada hukum “pacaran” (hubungan asmara/cinta antara pria dan wanita) tanpa ikatan pertunangan yang sedang trend bagi muda mudi Islam dewasa ini ? tlg mas coz aku butuh banget.

  6. ahmadzain Says:

    Walaikumussalam

    Jawabannya bisa anda lihat di rubrik konsultasi keagamaan .
    terimakasih

  7. Arif Says:

    Assalamu’alaikum, salam kenal ya mas. saya Arif sekarang lgi s2 di jakarta. saya tertarik dengan segala pembahasan yang di tulis mas. harapannya barangkali untuk selanjutnya kaji juga tentang ‘Studi Kajian Islam Sunni- Syiah'( tapi bahasan harus obyektif- akademis, jauh dari bentuk propokasi dan melecehkan). saya sedang ingin mendalami tentang kedua mazhab ini. mohon dibantu ya mas

    Syukron, Wassalam

  8. ahmadzain Says:

    assalamulaikum wr.wb
    salam kenal kembali, terimakasih atas apresiasinya.Mudah-mudahan harapan antum bisa terkabul, walaupun tidak dalam waktu dekat…
    Sebenarnya kajian Islam Sunni sudah sangat banyak dibahas dimana-mana,baik dalam bentuk cetakan maupun di internet, dengan berbagai bahasa juga. Tinggal antum lebih giat mencarinya saja. Mudah-mudahan Allah membrikan taufik sehingga bisa menyelesaikan studi antum.
    wassalam

  9. syahid1980 Says:

    terima kasih atas sarannya, iya barangkali mas bisa memberikan alamat2 situs yang berhubungan dengan kajian sunni- syiah kepada saya, khususnya yang menggunakan bahasa indonesia. kalo ada kirim aja ke hidayat1999@yahoo.co.id


  10. Ass.wr.wb.
    Jumpa kembali tadz, alhamdulillah 10 Th gak pernah jumpa baru jumpa kali ini via media. Saya mau minta taushiyahnya saja Tadz dan juga Doanya. Saat ini saya telah merilis satu program aplikasi mobile yang insya Allah kita peruntukkan sebagai media dakwah dan Tholabul Ilmi. Dengan Media ini kita bisa belajar/konsultasi dalam berbagai masalah jarak jauh melalui HP dengan biaya sangat murah bahkan Gratis lintas batas alias bisa diakses dimana saja. Aplikasinya hampir seperti sms tapi kelebihannya kapasitasnya bisa sampai 1000 karakter dengan biaya hanya Rp.10 jika diakses via HP dan Gratis jika via internet.Kami beri nama CYBER HIKMAH,Dengan Program ini insya Allah kita di Indonesia bisa konsultasi agama dengan antum dan antum bisa menjawab semua pertanyaan dengan GRATIS. Sehubungan dengan aplikasi ini Ana minta saran antum atau antum ada ide ? Secara pribadi Ana punya obsesi via media ini dunia Islam berada dalam genggaman umat Islam,maksudnya kita bisa berhubungan kemana saja dengan biaya yang sangat murah.
    Informasi lengkap bisa lihat di http://www.isy-karima.com atau http://www.afaqcomm.com

    Jazakumullah

    Junaedy Alfan Solo

  11. ahmadzain Says:

    assalamualaikum wr. wb
    secara umum saya setuju dengan ide antum, kebetulan antum bekerja dd bagian tersebut, kembangkan keahlian tersebut untuk kepentingan umat Islam. Insya Allah saya pribadi siap atas usulan antum, tinggal menunggu pelaksanaannya. Mulailah dulu, sambil berjalan, insya Allah akan ada ide-ide baru. Syukran.
    Oh ya situs yang antum sebutkan kedua-duanya tidak bisa dibuka.
    wassalam

  12. ahmadzain Says:

    Assalamualaikum wr. wb
    Untuk Mas Hidayat …Insya Allah saya usahakan, tunggu saja di email antum
    wassalam

  13. Agung Says:

    Assalamualaikum wr. wb
    Apakah mas zain ini dulu pernah di ma’had dan punya adik namanya muyassir hadil anam ?
    wassalam

  14. ahmadzain Says:

    walaikum salam wr. wb

    oh benar, bagaimana antum bisa tahu ?
    antum temannya muyassir sewaktu di aliyah , antum sekarang di mana ?
    ini dulu ya , nanti kita sambung lagi. syukran

    wassalam

  15. Hidayah Says:

    salam…
    kepada saudara penulis dan rakan-rakan sekalian yang terlibat dalam pembikinan website ini dan sentiasa menambahbaik kualiti serta kerapkali mengutarakan wadah yang benar-benar bermanfaat, jutaan tahniah dan trima kasih saya ucapkan..
    saya merupakan seorang penuntut di Malaysia..
    smoga Allah S.W.T merahmati usaha murnia saudara penulis dan kalian semua..
    wassalam..

  16. Agung Says:

    Iya Tadz , saya adik kelas muyassir di mts al-mukmin , tp tidak lanjut di aliyah , mungkin Ustadz kenal kakak saya taufik setiyadi, sesama warga klaten mungkin kenal ya …:) , saya di depok , ja-bar skr , apa muyassir msh di bekasi ?

    syukron,

    wassalam,

  17. ihsan Says:

    Ass. wr.wb.
    salam kenal ust.ahmad, senang kenal antum lewat media ini,saya Mahasiswa S2 di Islamabad Pakistan, respek dengan studi pemikiran dan kejian keislaman antum, demikian juga kiprah antum di berbagai macam organisasi mahasiswa di mesir, mungkin bisa kita jalin silturrahmi dan saling share info, dll lewat email.mungkin ni saja dulu ust.
    wassalam

  18. ahmadzain Says:

    walaikum salam,
    salam kenal juga, saya sangat senang sekali bisa menjalin silaturahmi dengan antum, apalagi mahasiswa s2 islamabad yang universitasnya di bawah masjid faishal itu kan ? sangat sejuk dan nyaman, karena backgroundnya hijau,dan dibelakangnya gunung..subhanallah, ngomong-ngomong antum tinggal di kuwait hostel atau di tempat lain ? salam untuk teman2 lain di Islamabad.
    wassalam

  19. Abdurrrahman Husein Says:

    Assalamualaikum. Wr. Wb.
    Pa kabar Pak Zain? Ana Abdurrahman Husein (Mardhati) baru sempat bertandang ke blog Pak Zain. Ana ucapkan mabruk atas terbitnya blog ini. Semoga dapat memberikan banyak manfaat baik bagi Pak Zain maupun yang lainnya termasuk ana:) sekali lagi selamat berdakwah Pak Zain…

  20. ahmadzain Says:

    Walaikum salam Wr Wb.
    Terimakasih antum telah berkunjungi ke blog ini , ana ucapkan mabruk juga atas terbitnya buku antum ” Samudra Do’a ” , semoga bermanfaat,khususnya bagi masyarakat Indonesia. Selamat berkarya lagi…

  21. abufarhan Says:

    BAHAYA PACARAN SEBELUM MENIKAH

  22. muhammad ilyas Says:

    ass.subhanallah… segala puji bagi Allah Yang telah pertemukan saya dengan mas walaupun belum sama sekali bertatapan mata tapi dengan membaca artikel ini saya merasa sudah berkenalan dekat dengan mas, ana dari fakultas ilmu agama islam UII jogja, mudah-mudahan Allah memberi taufiq dan Hidayahnya kepada kita semua untuk tetap selalu bisa dalam bimbingannya, amin.

  23. melvina amir Says:

    assalamualaikum pak penulis…salam kenal

    pak penulis, saya mo minta izin nich…tuk ngambil dikit-dikit or banyak tulisan2nya sebagai referensi.boleh khan….?

    jzkllh

  24. ahmadzain Says:

    Untuk Melvina Amir…
    Silahkan…dengan lapang dada,
    mudah2an kita bisa mengambil manfaatnya

  25. deded Says:

    Ass. wr.wb.
    Salam kenal ust.ahmad, saya Deded dari Jawa Timur, salut dengan studi pemikiran dan kajian keislaman antum, semoga semuanya bermanfaat, demikian juga kiprah antum di berbagai macam organisasi mahasiswa di mesir, mungkin kita bisa jalin silturrahmi dan saling share info, dll lewat email. Bolehkah saya tahu e-mai anda?
    wassalam

  26. Zamal Nasution Says:

    assalamu’alaikum ustadz.
    saya zamal, sdg studi s2 ekonomi di ugm. keponakan saya (laki2) baru saja wisuda s1 pendidikan bhs arab di univ. negeri medan IPK 3.52. berharap dapat info studi s2 di al-azhar atau pt lain yg mungkin. InsyaAllah, biaya selama studi dapat diatasi. terima kasih.
    wassalamu’alaikum
    -zamal-

  27. ahmadzain Says:

    Walaikum Salam Wr Wb.
    Untuk mas Deded…salam kenal kembali, saya senang berkenalan dengan antum. Untuk email dan alamat secara lengkap bisa antum lihat di halaman utama blog ini…tepatnya dipinggir bagian kiri ( kontak kami ) Trimakasih
    Walaikum salam.

  28. ahmadzain Says:

    Walaikum salam wr. wb
    Untuk mas Zamal ….terimakasih atas pertanyaannya…saudara bisa mengakses secara lengkap tentang studi di kairo di situs Atase Pendidikan KBRI Kairo, adapaun alamatnya bisa dibuka di http://www.dikbudcairo.org atau lewat daftar link di halaman muka blog ini lihat pd.atdikbud…selamat membuka, terimakasih


  29. Salam

    Salam kenal dan selamat, semoga bisa terus berkarya untuk umat. Ditunggu kiprahnay di Muhammadiyah Indonesia.

    Segenap administrator website http://www.muhammadiyah.or.id

  30. andi Says:

    assalamu’alaikum
    salam kenal ust ahmad, saya ingin konsultasi secara pribadi ke ustad, kemana bisa saya kontak ustad?atau alamat email ustad?
    jazakallahukhairan

  31. ahmadzain Says:

    Walaikum salam Wr Wb
    Sebenarnya alamat lengkap sudah ada di situs bagian kanan ” kontak kami ” tapi tak apa-apa kami tulis di sini juga :
    e-mail : annajah96@hotmail.com / annajah96@yahoo.com – Tlp ( 202) 24120565 , Hp : +20102968326 / +2010181385263
    Walaikum salam Wr Wb

  32. abu mush'ab Says:

    Ass. Selamat kepada ust Ahmad yang telah berhasil menyelesaikan program S3 nya di Al- Azhar yang dulu sangat sulit untuk menembusnya. Ana dulu di mesir awal 86 – 94 dan sempat menjadi sekretaris PCIM meskipun saat ini tidak lagi terlibat di Muhammadiyah karena dipinggirkan oleh orang-orang yang tidak ingin Muhamadiyah kembali kepada Ashalah dakwahnya.
    Selamat kembali ke indonesia dan mengamalkan Ilmunya, khususnya di Muhammadiyah agar Muhammadiyah kembali kepada Ashalah dakwahnya, jangan sampai Muhammadiyah dikendalikan oleh kelompok Liberal yang sekarang sedang di atas angin. Wass

  33. Ibnu Rusli Says:

    Ass. Pa kabar tad? entah untuk yang keberapa kali nih ana ucapin ; alfu mabruk karena telah berhasil menyelesaikan program s3 di Azhar, moga2 dapat didarmabaktikan ilmunya ketika balik ke indo nantinya. Tad, blog antum bagus juga ya….? dulu ana pernah copy beberapa makalah antum ketika di mesir, tapi ngak seberapa. Rencananya sekarang ana mau copy makalah2 dan artikel yang ada dalam blok antum buat di sebarluaskan, boleh ngak tad? Tad afwan, alhamdulillah ana udah zawwaj, ana minta do`anya semoga keluarga ana menjadi keluarga yang mawaddah, sakinah wa rahmah dan diberikan keturunan yang sholeh dan sholehah. salam tad buat Umar dan Umeir….

  34. fikreatif Says:

    assalamu’alaikum Syaikh…
    Senang nyasar ke blog antum.
    banyak belajar…nih saya!


  35. […] saya (soalnya disampaikan ketika rasa kantuk saya sudah hilang.he2x). pesan ini disampaikan oleh Ust.ahmad Zain An-najah (alumni ngruki, mantan ketua PCI muhammadiyah Mesir dan pengurus bag.Ghozwul Fikri DDII pusat) […]

  36. Nur Says:

    salam ukhwah buat mas,
    saya Nur dr Malaysia dan sekarang kterima di ITB utk pasca sarjana jurusan Seni Rupa… saya benar-benar tertarik dengan tulisan mas yg berkaitan soal Kehidupan dalam Islam kerana rencanya utk hasilkan proyek artwork pasca sarjana ini saya ingin memilih subjek matter aktiviti kehidupan seorang manusia dan hal-hal yg berkaitan dengannya. Mangkanya, topik yang di bawa oleh mas sngat menguja saya d samping dapat membantu saya utk membuat kajian ttg kehidupan seorang manusia muslim…andai kata saya punya persoalan, diharap mas dapat memberi kerjasama…
    terima kasih -NUR,ITB-

  37. qolbi Says:

    assalamu’alaikum wr wb.

    ustadz, perkenalkan, saya alumni Ngruki angkatan 2005. menjadi santriwati selama 6 tahun dari 1999-2005.

    saya mengundang ustadz untuk bergabung dalam forum diskusi ALUMNI NGRUKI di internet. tentu saja dengan kapasitas keilmuan ustadz, kiranya akan sangat bermanfaat jika kami para alumni Ngruki dapat menimba ilmu dari antum.

    berikut saya sertakan link-nya:

    http://alumningruki.bestgoo.com/forum.htm

    demikian yang dapat saya sampaikan. mohon maaf jika banyak salah kata.

    jazakumullah khoiron katsiir.

    wassalamu’alaikum wr wb

  38. listya Says:

    Ass.ustadz,sya siswa SMK kls 2 di jkrt&alhmdlillh sy jg tinggal di ponpes al-mahbubiyah(KH.Manarul hidayat).Sy sneng nyasr di blog ustdz, dsni sya bsa nyari solusi maslh sy, ustdz bgai mna cra untuk mengantisipasi agr trhindar dr star sindrom ketika kita mendapat kebrhasln baik itu prestasi dsb dan bgi mna kiat jitu untk sllu ingin mrasa dkat dgn Allah…dmna sya bsa mncri jwbnnya??? terma ksh…wassalam….

  39. rudianto Says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb

    Saya mahasiswa POLTEKKES JAKARTA 2, saya ingin menulis karya tulis dengan tema kesehatan islam, saya ingin minta tolong mengenai tema ini kira-kira poin apa saja tentang kesehatan dalam islam, tolong kirimkan referensi atau tulisan yang ada hubungannya dengan kesehatan islam ke e-mail saya…, saya menunggu balasannya. terimakasih wahai saudara..🙂 rudianto

  40. agung sedayu Says:

    assalamu’alaikum

    saya membaca profil antum di Suara Hidayatullah. saya seorang yang sangat dangkal akan ke-Islaman. saya berharap saya bisa berdiskusi tentang ke-Islaman dan mendapat saran dari antum.
    jazakillah.

  41. agung sedayu Says:

    saya mohon informasi untuk menentukan pilihan kelompok yang pernah saya bicarakan melalui email.

    jazakillah.

  42. agung Says:

    Ustad, saya mohon maaf. sepertinya, saya harus belajar bahasa arab supaya tidak salah.

    jazakallah.

  43. thoifin abu thufail Says:

    aswrwb. salam kenal, minggu yang lalu ana kirim biodata untuk daftar beasiswa s3 ddii-mtdk-baznas. tlg di bantu ustadz. ana s1 UMS Solo, jurusan syariah/hukum islam. s2 UNSURI Sby, Magister ilmu syariah/hukm islam,zaujah alumni ma’had al mu’min ngruki solo. skrg ana koord dai mtdk pwm jatim. ini e mail ana ( thoiftowaf@yahoo.com)

  44. abu thufail Says:

    ana kirim biodata di kaderulama_ddii@yahoo.com atas saran ustad adian husaini. oh ya, emil ana yang atas salah, yang benar adalah (thoiftowaf@yahoo.co.id) jazakumullah.

  45. yaman_ie@yahoo.com Says:

    salam.
    salam kenal. ana sudirman al-yaman, mahasiswa jurusan islam ma’arif universitas al-mushtafa iran. boleh ana ikut nimbrung dalam forum diskusi antum
    masykur

  46. ayyas Says:

    assalamu’alaikum Ustadz…ana yahya tadz…dari Ngruki…mohon dibahas tentang hukum arisan motor sistem lelang gmn tadz…jazakumullah khoir…

  47. Mul Yusuf Says:

    Bagaimana dengan para dai yang sekarang semarak
    mereka (saya mendengarnya sendiri dari teman dekatnya) mempunyai tarif yang bervareasi ada yang 1 jt 7jt bahkan ada kiai kondang yang sekarang meredup tarifnya mencapai 1M. Bolehkah berdakwah jadi sandaran hidup. Padahal mampu untuk mencari pekerjaan lain. wasalam

  48. ahmad zakaria Says:

    Assalamualaikum… ustadz…
    salam kenal dan silatur rohim…… semoga Alloh meridloi kita semua…. gmana tadz.. kabar….. ws

  49. Udia Haksoro Says:

    Assalamualaikum…
    saya hanya ingin mencari ketemtraman semoga saya tidak keliru memilih situs ini…amin

  50. sigit wbowo Says:

    assallamualaikum, ust saya sigit ingin menjalin silaturahim dengan ust, saya mohon bimbingannya terkait dengan wacana ghozwul fikri. karena sebagian pemikir islam sekarang banyak yang terjebak dalam pemikiran yang sekuler

  51. Agus Handoko Says:

    ASS…SALAM KENAL DARI ANA .DI sOLO…ANA SENANG PADA ULASAN PENGEMBANGAN DIRINYA…ANA TUNGGU TULISANNYA,SOALNYA ANA MENDAPATKAN SESUATU YANG BEDA PADA TULISAN ANTUM…SUKRON….ATAS ULASANNYA TENTANG BERAMAL YANG SESUAI WAKTUNYA,ITU YANG UTAMA.

  52. hafidzi Says:

    waah sdh selesai ustadz…

    alhamdulillah dengan semangat nya di al azhar, mngkin dapat dihitung dgn jari yg bs lulus disana🙂
    selamat …

    alumni 09

  53. Anonim Says:

    Assalamu`alaikum Al-Mukarom Dr Ahmad Zain Annajah, Semoga antum dapat menjadi ketua Majlis Tarjih PP Muhammadiyah dan mengembalikan Muhammadiyah ke jalan yang benar, jalan yang ditempuh KH Ahmad Dahlan yang berlandaskan pada Sunnah Rosululloh SAW, bukan pada “Dialog Lintas Agama” yang dipelihara oleh Dien Syamsuddin, bukan pula Islam Liberal yang dipelihara Ahmad Syafii Maarif.

  54. Anonim Says:

    Penulis no 54 diatas adalah saya Iing Lukman, alumni Pesantren Muhammadiyah Bandung 1976. HP:081379345011

  55. Adiansyah Says:

    Assalamuallaikum.
    Ustad sy mw bertanya,ttg pilihan studi pascasarjana di al-azhar mesir, apakah ada jurusan yg masih sejalur dgn pendidikan terakhir sy sbg mahasiswa lulusan ilmu sosial politik disana? jika ada, jurusan ap itu ustad dan bagaimana sy bisa mengakses informasiny?
    Sy sngat berminat melanjutkan studi ke univ al-azhar,
    Syukron

  56. Anonim Says:

    ass, apakah ada jaminan masuk surga di dalam Al-Quran, jika ada di pasal berapa ?
    wassalam

  57. dedi yunanto Says:

    Assalamualaikum.wr.wb

    salam

    Ijinkan saya bertanya a, apa hukumnya mendoakan Ibu sementara beliau Non is, dan apa yang harus saya lakukan untuk lebih mengenal islam . demikian

    Mohon beri saya jawaban di email saya atau di 087880872804

    Wasalamualaikum

  58. fadlun Says:

    assalau’alaikum.wr wb. afwan tadz saya mau tanya.ada seseorang meminjam uang dengan cara riba kemudaian saya di pinjami dengan uang tersebut tetapi tanpa bunga bagaimana hukumnya


  59. Assalamu ‘alaikum, Ust, saya dengan muchtar effendi (69) wk. Ketua PCM Panmas depok, Makalah Manajemen ‘waktunya bagus sekali, mohon izin hamba mengutip untuk dijadikan bahan presentasi ke dalam power point. ‘Selamat datang kembali di Indonesia.Sekalian nanya apakah Ust. berkenan mengisi tausiah di Majelis Dhuha Masjid Baitussalam Jalan Jend.
    sudirman Jakarta, tapi waktunya pagi pagi Jumat dari pukul 07:00 s/d 8 pagi, kalau bersedia tlg konfirmasi ke 0811858401. atau muchtar.perboelana@yahoo.co.id, Sukron. Wassalam

  60. Zul Ahmad Says:

    Assalamu’alaikum
    Salam kenal Ustadz Ahmad Zain, saya Zul Ahmad di Kendal jawa Tengah, Begini Tadz bagaimana kalau orang tua tidak adil terhadap anak-anaknya, misalnya dalam pemberian anak laki-laki diberi bagian lebih sedikit sedang anak perempuan di beri lebih banyak dari bagian anak laki-laki, tapi ini bukan warisan karena orang tua laki-laki masih hidup. apakah orang tua tersebut berdosa karena tidak adil terhadap pemberian, sementara anak laki-lakinya secara ekonomi lebih miskin daripada anak perempuanya. syukron atasa jawabanya.

  61. Alfath Says:

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    afwan ustadz, saya seorang mahasiswa yang sedang menggarap skripsi. sya tertarik membahas tentang warisan. ada judul2 yang masih membingungkan. pertama membahas hukum waris adat jawa dan hukum waris islam. kedua pemikiran munawwir sjadzali tentang warisan (reaktualisasi ayat al-qur’an). dalam dua pembahasan sama-sama membahas tentang ketidakadilannya pembagian warisan. bagaimana menurut ustadz? bisa di balas melalui email s.fatihahazzahra@gmail.com / 085325188376
    syukron salifan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s