DR. Ahmad Zain An Najah, MA

 
Senin, 05 Nopember 07 – oleh : admin-http://www.atdikbudcairo.org

Bangsa Indonesia kembali diharumkan dengan lahirnya seorang Doktor dalam bidang Syare’ah dari Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah  16 Januari 1971ini menikah pada tahun pada tahun 2001 dan dikaruniai 3 orang anak ; Umar, Umair dan Fatimah.

  Dalam siding Disertasinya yang berlangsung pada tanggal 21 Oktober 2007 bertepatan dengan 10 syawal 1428 H. Beliau berhasil mempertahankan Disertasinya dengan judul :

القاضي حسين وآثاره الفقهية

Qadhi Husen dan pengaruhnya dalam bidang Fiqh

   Setelah melalui proses siding Disertasi yang berlangsung 2 jam, akhirnya dewan sidang memutuskan Ahmad Zain An Najah sebagai Doktor dalam bidang Syareah dengan predikat :  Summa Cum Laude ( Martabat Asy Syaraf Al Ula ) di  Fakultas  Studi Islam Universitas  Al Azhar Mesir.

  Jenjang pendidikan SD beliau tempuh di SD  Muhammadiyah Klaten ( 1976-1982 ) jenjang SLTP di  Mtsn Surakarta ( 1983-1986 ), jenjang SLTA di MA Muallimin Surakarta  (1986-1989 ) dan jenjang S1 di Islamic University of Medina, Jurusan Syariah Islamiyah ( 1982-1996)  Selanjutnya S2 di Universitas Al Azhar Cairo fakultas Studi Islam Jurusan Syari’ah  ( 1997-2001 ) dan S3 ( 2002-2007 )

Beberapa kesan selama menempuh pendidikan Di Mesir : .

   Di Mesir, khususnya di Universitas Al Azhar, selain belajar di bangku kuliyah, kita diajarkan oleh Allah swt tentang hidup dan kehidupan. Sangatlah bahagia orang yang bisa mengambil pelajaran dari kehidupan ini, dan sangatlah merugi bagi yang ditutup hatinya dari ayat-ayat Allah Kauniyah yang terdapat di depan matanya.Kadang sesuatu yang kita benci dan tidak kita cintai justru adalah sesuatu yang sangat bermanfaat dan baik bagi kehidupan kita.

    Kehidupan yang kita jalani ini tidaklah harus sesuai dengan dengan idealisme yang ada, Allah-lah Yang Maha Tahu akan kemaslahatan hamba-Nya. Oleh karenanya, sangat tidak bijaksana kalau kita memaki-maki keadaan dan menangisi nasib, tapi kita harus merubah air mata ini dengan keringat. Merubah musibah menjadi sebuah nikmat . Merubah kegagalan menjadi awal sebuah keberhasilan.

    Orang pintar dan cerdik bukanlah yang pandai menghafal muqarrar dan lulus ujian, akan tetapi orang yang pintar dan cerdik adalah orang yang mampu memanfaatkan fenomena yang ada disekitarnya menjadi sebuah bekal dalam kehidupan ini.

 

Pesan Bagi Mahasiswa Lain :

     Untuk yang masih muda, sehat dan energik…..sebelum datang masa tua, sakit dan penuh kesibukan ….manfaatkan kesempatan anda di Mesir dengan sebaik-baiknya untuk menuntut ilmu, baik dengan belajar langsung dari para ulama yang ada, maupun dengan banyak membaca , mengenal dan membeli buku-buku yang bermanfaat.

     Untuk yang sibuk dengan organisasi , keluarga , dan kerja ….aturlah waktu anda dengan sebaik-baiknya, karena management waktu yang baik merupakan bagian dari sebuah keberhasilan.

     Untuk yang belum berhasil…jangan putus asa, karena tidak ada suatu keberhasilan tanpa didahului dengan kegagalan.