Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PCIM Raih Gelar Doktor

http://www.pcimmesir.pandela.net- Ahad 21 Oktober 2007 bertepatan dengan 10 Syawal 1418 H, bangsa Indonesia kembali membuktikan kehebatannya melalui lahirnya seorang doktor di universitas Al-Azhar. Bertempat di aula pertemuan fakultas Dirasat Islamiyah yang berlokasi di Hay Sadis, Ustaz Zain an-Najah berhasil mempertahankan desertasinya dengan judul al-Qadhi Husain wa Atsâruhu al-Fiqhiyyah (Qadhi Husain dan Pengaruhnya dalam Bidang Fikih). Setelah melalui sidang yang cukup lama, pembimbing disertasi dan penguji bersepakat memberikan predikat Mumtaz Martabat As-Syaraf al-Ula atau Summa Cumlaude. Penulisan disertasi setebal 500 halaman ini memakan waktu kurang lebih lima tahun, yaitu dari sejak tahun 2002 sampai tahun 2007.

Keberhasilan Ustad Zain meraih gelar doktor di Universitas Al-Azhar semakin menambah panjang daftar tokoh Muhammadiyah yang pernah studi di universitas Al-Azhar. Di masa lalu, di Muhammadiyah pernah ada sosok Prof. Dr. Rasyidi alumnus universitas Al-Azhar dan sekaligus duta besar pertama RI untuk Mesir. Bapak alm. KH Azhar Basyir, MA, mantan ketua umum PP Muhammadiyah, juga pernah menamatkan studi pasca sarjana di Mesir, yaitu di fakultas Darul Ulum di Universitas Kairo.

Ustadz Zain yang juga alumni S1 Universitas Islam Madinah ini pertama kali menginjakkan kaki di Mesir pada tahun 1997. Selama sepuluh tahun, dengan segala kesulitan yang ia hadapi, ia bisa menyelesaikan studi jenjang S2 dan S3 di fakultas Dirasah Islamiyah Universitas Al-Azhar. “Di Mesir khususnya di Universitas Al-Azhar, selain belajar di bangku kuliah kita juga diajarkan oleh Allah Swt. tentang hidup dan kehidupan”, begitu ustaz Zain memberikan jawaban ketika ditanyai tentang kesan selama tinggal di Mesir.

Keberhasilan Dr.Zain An-Najah ini bagi Muhammadiyah ibarat setetes air untuk seorang musafir di tengah gurun pasir. Sebagaimana telah jamak diketahui, diskursus tentang minimnya ulama syariah di tubuh Muhammadiyah sudah lama beredar. Kehadiran tokoh yang satu ini memang pada saat yang tepat. Melalui sms yang disampaikan ke nomor hp ketua umum PCIM Kairo, Prof. Dr. Din Syamsuddin selaku ketua umum PP Muhammadiyah juga menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih oleh ustaz Zain. (rolf)