KEUTAMAAN BULAN RAMADLAN

 Ust Zain, tolong dijelaskan keutamaan bulan Ramadhan atas bulan-bulan yang lain?

 Jawaban :

Bulan Ramadlan mempunyai keutamaan sendiri dibanding bulan-bulan lainnya. Diantara keutamaannya adalah sebagai berikut :

Pertama : Bulan Ramadlan adalah bulan untuk beramal sholeh, karena di dalamnya pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan para syetan diikat .

Bulan Ramadlan adalah bulan yang penuh barakah, karena Allah swt memberikan kesempatan selebar-lebarnya kepada umat Islam untuk melakukan segala bentuk kebaikan. Suasana pada bulan Ramadlan dibuat sedemikian rupa, sehingga setiap muslim bisa mengerjakan kebaikan dengan mudah. Sebagaimana yang tersebut dalam suatu hadist.

إذَا دَخَلَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَصفدتِ الشَّيَاطِينُ

” Jika datang bulan Ramadlan, maka dibukalah pintu-pintu syurga dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan diikatlah para syetan “( HR Bukhari dan Muslim ) 

Kedua : Bulan Ramadlan adalah bulan sedekah.

Bulan Ramadlan adalah waktu yang sangat tepat untuk bersedekah, karena pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah swt. Dan Rosulullah saw sendiri telah memberikan contoh yang baik, karena beliau paling banyak sedekahnya pada bulan Ramadlan sebagaimana yang tersebut dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ، فََرَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

” Sesungguhnya Rosulullah saw adalah orang yang paling dermawan, dan kedermawaan beliau akan bertambah pada bulan Ramadlan ketika bertemu dengan Jibril. Beliau bertemu dengan Jibril setiap malam Ramadlan mempelajari Al Qur’an, dan  Rosulullah saw lebih dermawan dari angin yang bertiup kencang. ” ( HR Bukhari )

Ketiga : Bulan Ramadlan adalah bulan Al Qur’an

Al Qur’an diturunkan pertama kali pada bulan Ramdlan, maka sangat tepat sekali kalau bulan ini kita manfaatkan untuk banyak membaca Al Qur’an. Dalam hal ini Allah berfirman :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

” Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” ( Qs. Al Baqarah, ayat 185 )

Dalam hal ini, Rosulullah saw sendiri telah memberikan contoh kepada umatnya, beliau mempelajari Al Qur’an tiap malam bersama Jibril as, sebagaimana yang tersebut dalam hadist Ibnu Abbas di atas :

وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

” Bahwasanya Rosulullah saw bertemu dengan Jibril setiap malam Ramadlan untuk mempelajari Al Qur’an ” ( HR Bukhari )

 

Keempat : Bulan Ramadlan adalah bulan Kemenangan.

Umat Islam pada bulan Ramadlan banyak meraih kemenangan atas orang-orang kafir dalam berbagai medan pertempuran. Pada tahun ke 2 H kaum muslimin mampu mengalahkan pasukan kafir Quraisy dalam  perang Badr, pada tahun ke 8 H, kaum muslimin mampu membuka kota Makkah, pada tahun 479 H pasukan Islam mampu mengalahkan pasukan salib dalam perang ” Az Zalaqah ” di Andalus, dan pada 658 H pasukan Islam mampu mengalahkan pasukan Tatar dalam  perang ” Ainul Jalut ” di Palestina. Hal itu dikarenakan umat Islam pada bulan Ramadlan sangat dekat dengan Allah swt.  Karena mereka masih dalam suasana ibadah, mengekang jiwa untuk tidak mengerjakan hal-hal yang dilarang oleh Allah swt. Dan tidak diragukan lagi bahwa umat yang dekat dengan Allah swt dan menjauhi maksiat akan selalu meraih kemenangan demi kemenagan karena Allah swt akan membantu mereka. 

 Kelima : Bulan Ramadlan adalah bulan taubat dan ampunan.

Banyak dari umat Islam yang mendapatkan ampunan pada bulan Ramadlan karena mereka bersungguh-sungguh dalam beribadat, sebagaimana sabda Rosulullah saw :

من صام رمضان إيمانا واحتسابا غُفِر له ما تقدم من ذنبه

” Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadlan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu ” ( HR Bukhari Muslim     )

الصلوات الخمس ، والجمعة إلى الجمعة ، ورمضان إلى رمضان ، مكفرات لما بينهن إذا اجتنبت الكبائر

” Sholat lima waktu, hari jum’at sampai hari jum’at berikutnya, bulan Ramadlan sampai bulan Ramadlan berikutnya  merupakan penghapus dosa antara waktu-waktu tersebut, , selama tidak mengerjakan dosa-dosa besar . ( HR Muslim )

Keenam : Pada bulan Ramadlan banyak orang yang diselamatkan dari api neraka, dan itu terjadi setiap malam, sebagaimana sabda Rosulullah saw :

 إن لله تبارك وتعالى عتقاء من النار وذلك كل يوم  ليلة  

” Sesungguhnya Allah swt menyelamatkan oang-orang dari api neraka,dan itu terjadi pada tiap malam pada bulan Ramadlan ” ( HR  Tirmidzi  )

Ketujuh : Bulan Kesabaran

Bulan Ramdlan disebut bulan kesabaran, karena orang-orang yang berpuasa harus banyak menahan diri dari hal-hal yang dilarang, seperti makan, minum dan lain-lainnya. Oleh karena itu, sebagian ulama mengartikan ” sabar ” dalam beberapa ayat Al Qur’an dengan puasa, mengingat  pahala puasa setara dengan pahala sabar. Allah berfirman :

إنما يوفى الصابرون أجرهم بغير حساب

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas ” ( QS Az Zumar : 10 )

Dalam suatu hadist Qudsi disebutkan :

والصيام لى وأنا أجزي به

” Dan puasa adalah untuk –Ku, dan Aku sendiri yang akan membalasnya ” ( HR Bukhari )  

 

Dalam hadist di atas Allah swt tidak menyebutkan kadar pahala orang yang berpuasa, ini sesuai dengan apa yang disebut dalam surat Az Zumar ayat 10 di atas.

Kedelapan : Bulan dikabulkannya do’a

Bulan Ramadlan adalah bulan orang berpuasa, sedangkan orang yang berpuasa do’anya mustajab. Bahkan Allah swt sendiri telah menganjurkan orang – orang yang sedang bepuasa untuk banyak berdo’a kepada-Nya, karena Dia sangat dekat dengan para hamba-Nya yang sedang berpuasa, sebagaimana firman-Nya :

وإذا سألك عبادي عني فإني قريب أجيب دعوة الداع إذا دعان

” Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku ( Qs Al Baqarah : 186 )

Selain itu, Rosulullah saw telah menjelaskan bahwa do’a orang yang sedang berpuasa itu tidak tertolak, sebagaimana yang termaktub dalam salah satu haditsnya :

 ثلاثة لا ترد دعوتهم : الصائم حتى يفطر ، والإمام العادل ، ودعوة المظلوم

” Tiga golongan yang tidak tertolak do’anya : orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil, dan do’anya orang yang terdholimi ” ( Hadist Shohih Riwayat Ahmad )

Sembilan : Bulan Ramadlan di dalamnya ada lailatul qadar, yang ibadah di dalamnya lebih baik dari pada ibadah seribu bulan, sebagaimana sabda Rosulullah saw :

 إن هذا الشهر قد حضركم ، وفيه ليلة خير من ألف شهر، من حرمها فقد حرم الخير كله

” Sesungguhnya bulan ini ( yaitu bulan Ramadlan ) telah datang kepada kamu, di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan ,barang siapa yang tidak mendapatkannya, berarti dia tidak mendapatkan seluruh kebaikan ” ( HR Ibnu Majah )