PERINGATAN MALAM PERTENGAHAN SYA’BAN

            Apakah ada hadist yang menerangkan tentang peringatan Malam Pertengahan  Sya’ban? Jika ada, amalan apa saja yang bisa kita lakukan di hari tersebut?

Jazakallah atas jawabannya. Mudah-mudahan kita semua dikumpulkan dalam surga-Nya.

            Ikhwan MU

Jawaban :

Hadist-hadits yang menerangkan keutamaan Malam Pertengahan Sya’ban semuanya batil atau maudhu’ tidak boleh diamalkan, terutama apa yang disebut dengan sholat Malam Pertengahan Sya’ban, hanya ada satu hadist yang menyebutkan keutamaan bulan Sya’ban yang derajatnya shohih, yaitu sabda Rosulullah saw :

يطلع الله إلى جميع خلقه ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن

” Allah swt melihat seluruh makhluqnya pada malam pertengahan Sy’aban, maka Allah mengampuni seluruh makhluq-NYa kecuali orang musyrik dan pendendam .( Hadist Shohih Riwayat Ibnu Hibban)

Hadist di atas, secara tidak langsung menerangkan bahwa amalan yang terbaik yang dilakukan  pada malam pertengahan Sya’ban adalah memperbaiki hubungan kita dengan Allah swt dengan memperbaharui tauhid dan keimanan, selain itu, kita diperintahkan untuk memperbaiki hubungan kita dengan manusia dengan cara menghilangkan rasa dengki dan dendam kita terhadap sesama muslim.

Adapun amalan-amalan khusus yang dilakukan oleh kebanyakan orang sekarang seperti sholat khusus untuk malam pertengahan Sya’ban, puasa khusus serta dzikir-dzikir dan do’a-do’a khusus,  itu semua adalah perbuatan bid’ah yang tidak ada dasarnya sama sekali, dan wajib ditinggalkan. Wallahu A’lam