MENGUAK SKANDAL AHLI KITAB

Ahmad Zain An Najah, MA

 

أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنسَوْنَ أَنفُسَكُمْ وَأَنتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ أَفَلاَ تَعْقِلُونَ

“ Apakah kamu menyuruh manusia untuk berbuat baik, dan kau melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab, apakah kamu tidak berpikir “ ( Qs Al Baqarah : 44 )

Beberapa pelajaran dari ayat di atas :

Pelajaran   Pertama   :

Ayat di atas merupakan lanjutan dari ayat sebelumnya, yaitu ditujukan kepada Bani Israel, khususnya para pendeta Yahudi, karena mereka menyuruh manusia untuk berbuat baik, sedangkan mereka sendiri menyelisihinya.

Firman Allah : “ Apakah kamu menyuruh manusia “

” Manusia ” dalam ayat di atas mencakup dua pengertian. ( [1] ) :

Pengertian pertama : Manusia di sini adalah orang-orang di luar Yahudi

Orang-orang Yahudi di Madinah sebelum kedatangan nabi Muhammad saw memberitahukan kepada para penduduk Madinah yaitu kabilah Auz dan Khozraj bahwa akan datang seorang nabi di akhir zaman di kota ini, dan mereka menyuruh penduduk Madinah untuk beriman kepadanya.  Namun ketika nabi Muhammad saw datang dan ternyata dari golongan Arab,maka seketika itu juga orang-orang Yahudi tidak mau beriman. Ini sesuai dengan firman Allah swt :

وَلَمَّا جَاءهُمْ كِتَابٌ مِّنْ عِندِ اللّهِ مُصَدِّقٌ لِّمَا مَعَهُمْ وَكَانُواْ مِن قَبْلُ يَسْتَفْتِحُونَ عَلَى الَّذِينَ كَفَرُواْ فَلَمَّا جَاءهُم مَّا عَرَفُواْ كَفَرُواْ بِهِ فَلَعْنَةُ اللَّه عَلَى الْكَافِرِينَ

Dan setelah datang kepada mereka Al Quran dari Allah yang membenarkan apa yang ada pada mereka, padahal sebelumnya mereka biasa memohon (kedatangan Nabi) untuk mendapat kemenangan atas orang-orang kafir, maka setelah datang kepada mereka apa yang telah mereka ketahui, mereka lalu ingkar kepadanya. Maka la’nat Allah-lah atas orang-orang yang ingkar itu. ( Qs Al Baqarah : 89 )

Pengertian kedua : Manusia dalam ayat itu maksudnya adalah orang-orang Yahudi sendiri.

Mereka menyuruh sanak kerabatnya yang sudah masuk Islam untuk tetap berada dalam agama Islam, karena menurut mereka agama Islam yang dibawa nabi Muhammad saw adalah benar, tetapi anehnya, mereka tetap tidak mau masuk Islam. Mereka juga menyuruh para pengikutnya untuk mengikuti isi Taurat, sedang mereka sendiri menyelesihinya. ( [2] )

Salah satu contohnya adalah seorang Yahudi yang anaknya sedang sakit keras. Ketika nabi Muhammad saw menjenguk anak tersebut dan menyuruhnya masuk Islam dan mengucakan kalimat syahadat, tiba-tiba bapaknya yang Yahudi tersebut mengatakan : ” Wahai anakku dengar dan taatilah Abu Qasim ( yaitu nabi Muhammad saw ) “ . Dan benar saja anak tersebut mengucap kalimat syahadat sebelum ia meninggal dunia, sedang dianya sendiri tetap berada dalam agama Yahudi. Kemudian Rosulullah saw bergegas keluar seraya bersabda : “ Alhamdulillah ( segala puji bagi Allah ) yang telah menyelamatkannya dari api neraka dengan perantaraku. “

Pelajaran   Kedua  :

Firman Allah di atas ditujukan juga kepada orang-orang Kristen, karena mereka termasuk dalam kalimat ” Ahlu Al Kitab ” . Dan ternyata kita dapatkan banyak dari para pendeta Kristen menyuruh para pengikutnya untuk berbuat baik, akan tetapi mereka lupa terhadap diri mereka sendiri. Di bawah ini beberapa bukti bagaimana para pendeta itu berbuat kejahatan di balik tembok-tembok gereja yang mereka anggap tempat suci.

Sebagaimana kita ketahui para pendeta Kristen mengklaim bahwa mereka adalah manusia-manusia suci yang tidak membutuh sex. Maka dalam ajaran Vatikan terdapat apa yang dinamakan ” doktrin celibacy ” (larangan menikah bagi pastor). ( [3] )

Akan tetapi kenyataannya mereka adalah orang-orang yang paling haus dengan sex dengan melakukannya secara biadap dan  sembunyi-sembunyi.

Padahal dalam Kitab Suci mereka disebutkan bahwa :

 Tuhan Yesus berkata:  [27] Kamu telah mendengar firman: “janganlah berzina.” [28] Tetapi Aku berkata kepadamu: “Setiap yang memandang perempuan dan menginginkannya, sudah berzina dengan dia di dalam hatinya.” [29] Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah  itu, karena lebih balk bagimu satu dari anggota tubuhmu binasa, daripada tubuhmu dengan utuh dicampakkan dalam neraka. (Matius 5:27-29)

Mereka menyelesihi ajaran tersebut, berikut beberapa bukti kebejatan moral mereka :

  1. Surat Kabar Italia La Republica yang terbit di Vatikan pada hari rabu, 21-3 -2001 mengabarkan tentang banyaknya kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan biarawati yang dilakukan oleh pastur dan uskup di gereja Katolik, lalu mereka memaksa para biarawati itu agar menggugurkan kandungannya untuk mencegah terbongkarnya skandal.
  2. Salah seorang kapala biarawati di sebuah gereja meyatakan, bahwa para pendeta di gereja tempatnya bekerja telah melakukan  pelecehan seksual terhadap 29 biarawati yang ada dalam keuskupannya. Ketika salah seorang biarawati melaporkan permasalahan ini kepada  uskup agung, maka dia pun dipecat dari pekerjaannya.
  3. Pada akhir-akhir ini (maret 2003), Bapa Vatikan (Yohanes Paulus II) mengundang para pembesar gereja Katolik Roma di Amerika Serikat ke Vatikan Roma untuk membahas terbongkarnya skandal seks sebagian uskup  Amerika yang mengguncang gereja di sana.
  4. Uskup New York dan Boston yang memiliki kedudukan terbesar di gereja Amerika mendapat tekanan kuat untuk mengundurkan diri dari jabatan mereka, setelah tersebar kabar bahwa mereka berdualah yang berada di balik skandal seks yang dilakukan oleh sebagian pendeta.
  5.  Uskup Milouki dituduh telah menyembunyikan informasi tentang skandal seks serupa.Kepala uskup Boston Kardinal Bernard Lu yang berumur 70 tahun juga dituduh telah mengetahui adanya beberapa uskup di keuskupannya yang melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak di bawah umur secara terus menerus, namun uskup tersebut tidak memberikan sanksi kepadamereka, malah dia hanya memindahkankannya ke keuskupan lainnya,
  6. Sekitar 3000 pendeta menghadapi tuduhan pelecehan seksual terhadap  anak-anak di bawah umur.
  7. Di Boston kepada mantan pendeta John Geogon yang diyakini telah melakukan pelecehan seks terhadap 100 orang selama 20 tahun, ( [4] )
  8. Pada 27 Februari 2004, The Associated Press menyiarkan satu tulisan berjudul Two Studies Cite Child Sex Abuse by 4 Percent of Priests, oleh Laurie Goodstein, yang menyebutkan, bahwa pelecehan seksual terhadap anak-anak dilakukan oleh 4 persen pastur Gereja Katolik. Setelah tahun 1970, 1 dari 10 pastur akhirnya tertuduh melakukan pelecehan seksual itu. Dari tahun 1950 sampai 2002, sebanyak 10.667 anak-anak dilaporkan menjadi korban pelecehan seksual oleh 4392 pastur.
  9. AW Richard Sipe, seorang pendeta Katolik Roma, menulis buku berjudul Sex, Priests, and Power: Anatomy of A Crisis (1995). Buku ini menceritakan perilaku seksual di kalangan para pendeta dan pastor.
  10. Pada 17 November 1992, TV Belanda menayangkan program 17 menit tentang pelecehan seksual oleh pemuka agama Kristen di AS. Esoknya, hanya dalam satu hari, 300 orang menelepon stasiun TV, dan menyatakan, bahwa mereka juga mengalami pelecehan seksual oleh para pendeta di Belanda.
  11. Tahun 2002, The Boston Globe, juga menerbitkan sebuah buku berjudul Betrayal: The Crisis in the Catholic Church, yang membongkar habis-habisan pengkhianatan dan skandal seks para pemuka agama Katolik.
  12. Tahun 1992, di Tenggara Massacusetts, ditemukan seorang pastor bernama James R Porter melakukan pelecehan seksual terhadap lebih dari 100 anak-anak (pedophilia). ( [5] )
  13. Ruth Carter, saudari perempuan Jimmy Carter, dulunya ia adalah seorang pendeta wanita terkenal, bahkan seringkali disebut sebagai aktivis missionaris yang selalu berkhutbah dan berdakwah menyeru kaum non kristiani supaya masuk agama Kristen. Ketika skandal terkuak, media massa AS dan Jerman mengekspos hubungan skandal seks-nya dengan mantan duta besar Jerman, Willie Brandt.
  14. Pendeta Kristen terkenal AS yang namanya telah melambung di seantero dunia sebagai seorang pengkhutbah terkenal, yang pernah berdebat di dalam sebuah debat fenomenal terkenal dengan Syaikh Ahmed Deedat, Pendeta Clergyman Jimmy Swaggart. Ia terlibat skandal seksual dengan seorang prostitusi (pelacur) yang akhirnya ia akui di sebuah interview pada stasiun televisi terbesar di AS. Sebelumnya, Swaggart ini orang yang terkenal sebagai pengkhutbah yang sering menyeru kepada “kebajikan” dan “jalan Jesus Christ” . ( [6] )
  15. Pihak gereja telah memecat seorang uskup atas tuduhan penggelapan dana. Seorang pendeta lainnya yang berstatus archimandrite (pendeta yang tidak kawin), yaitu : Iavkos Giosakis,  ditahan, karena didakwa melakukan perdagangan barang-barang antik ilegal dan memanfaatkan uang dan kekuasaannya untuk mempengaruhi vonis pengadilan atas kasus-kasus kejahatan
  16. Seorang pendeta kalangan atas, Uskup Panteleimon, setelah itu juga dihentikan dari gereja lantaran tuduhan penggelapan dana .
  17. Uskup Katolik Austria, Kurt Krenn, pernah dikabarkan terlibat skandal seks yang melibatkan pendeta dan calon pendeta di sebuah seminari di Austria. ( [7] )
  18. Pada 18 Januari 2001, Pendeta Jesse Jackson seorang barometer spiritual masyarakat Amerika, mengaku di depan publik bahwa ia memiliki anak di luar nikah berusia dua puluh bulan dan telah berselingkuh sejak tahun 1998 M . Pendeta Jesse Jackson adalah seorang tokoh spiritual yang selain menjadi pendeta, juga memainkan peran penting sebagai seorang politikus dan pejuang hak asasi manusia. ( [8] )
  19. Seorang Pendeta Besar Yahudi, asal Brazil, Henry Soubel, tertangkap basah mencuri 6 buah potong dasi yang harganya mencapai 700 dolar, dari Pasar Louis Fighton di Amerika Serikat.Dia mengaku bahwa dia juga mencuri tiga buah dasi, dari toko-toko yang lain. Dia dibawa ke tahanan, sampai kemudian dilepaskan di hari berikutnya, setelah dia membayar jaminan sejumlah 3000 USD. Bagaimana Sang Pendeta sampai hati melakukan pencurian kecil yang mengancam masa depannya padahal dia menerima gaji 25 ribu dolar sebulan?” ( [9] )

Pelajaran Ketiga :

Hukuman di akherat bagi orang yang memerintahkan orang berbuat baik, sedang dia melupakan dirinya sendiri adalah seperti apa yang terungkap dalam hadist : “ Didatangkan seorang lak-laki pada hari kiamat , kemudian dia dilemparkan ke api neraka, terlihat usus perutnya berhamburan, dia berputar-putar dengan usus perut tersebut, sebagaimana keledai yang mengelilingi tonggak pengikat dengan tali ikatannya, kemudian para penghuni neraka mengelilingnya dan mereka berkata : “ Wahai fulan, kenapa keadaan kamu seperti ini ? bukankah engkau dahulu di dunia menyuruh orang berbuat kebaikan  dan melarang kemungkaran ? Dia berkata : Benar, dahulu aku menyuruh kebaikan akan tetapi saya tidak mengerjakannya, dan saya melarang kemungkaran, tetapi saya justru malah mengerjakannya.“ ( [10] )

Hadist di atas menunjukkan bahwa orang yang mengetahui kebaikan dan kemungkaran dan mengetahui juga kewajiban untuk melakukan amar ma’ruf dan nahi mungkar kemudian tidak mau melaksanakannya, hukumannya jauh lebih dasyat daripada orang yang tidak mengetahuinya sama sekali. Ini dikuatkan dengan hadist yang berbunyi : “ Orang yang paling pedih adzabnya pada hari kiamat adalah orang yang mempunyai ilmu , tetapi tidak bermanfaat bagi masyarakat . “  ( [11] )

Abu Aswad Duwali pernah menuliskan suatu syair yang sangat terkenal :

لا تنه عن خلق وتأتي مثله        عار عليم إذا فعلت عظيم

ابدأ بنفسك ، فانهها عن غيها         فإن انتهت عنه ، فأنت حكيم

فهناك يقبل  إن وعظت ويقتدى    بالقول منك وينفع التعليم  .

Janganlah kamu melarang sesuatu,sedangkan kamu melanggarnya sendiri…

Sungguh sangat idak pantas , jika kamu mengerjakan seperti itu….

Maka mulailah pada dirimu sendiri, laranglah dia dari berbuat jelek…

Jika dirimu sudah demikian, maka berarti anda orangyang bijak ….

Disitulah anda akan diterima perkataanmu jika engkau menasehati….

Anda akan ditiru dan bermanfaat juga pelajaran  yang engkau sampaikan….

Pelajaran Keempat  :

Apakah orang yang disiksa seperti itu, karena dia beramar ma’ruf dan nahi mugkar ? Jawabannya : Dia disiksa bukan karena beramar ma’ruf dan nahi mungkar, akan tetapi dia disiksa karena dia meninggalkan perbuatan baik dan mengerjakan kemungkaran.

Oleh karenanya, di dalam ber-amar ma’ruf dan nahi mungkar tidak disyaratkan pelakunya harus bersih dari dosa. Berkata Sa’id bin Jubair : Seandainya seseorang tidak akan beramar ma’ruf dan nahi mungkar sampai dirinya bersih dari dosa, niscaya tidak akan ada orang yang melakukan amar ma’ruf dan nahi mungkar  ( [12] )

Oleh karenanya, tidak ada alasan bagi siapa saja untuk tidak bermar ma’ruf dan nahi mungkar, walaupun dia sendiri belum istiqamah, walaupun dia sendiri masih banyak berlumuran dosa, walaupun dia sendiri belum bisa melaksanakan kebaikan….karena dengan amar ma’ruf dan nahi mungkar seseorang akan terpacu untuk selalu berbuat baik dan meninggalkan kemungkaran, dengan demikian amar ma’ruf nahi mungkar merupakan sarana untuk menggembleng diri sendiri dan menggembleng masyarakat secara bersamaan.

Kita harus mengetahui juga bahwa manusia di dalam menghadapi kebajikan dan kemungkaran mempunyai empat kewajiban :

         Dua kewajiban terhadap kebajikan, yaitu : Mengerjakannya untuk diri sendiri dan menyuruh orang lain untuk mengerjakannya.  

         Dua kewajiban terhadap kemungkaran, yaitu : Meninggalkannya untuk dirinya sendiri dan menyuruh orang untuk meninggalkannya.

Oleh karenanya, barang siapa yang belum bisa mengerjakan kewajiban untuk dirinya sendiri, hendaknya tetap menyuruh orang lain untuk mengerjakannya, dengan demikian dia telah mengerjakan salah satu kewajiban. Karena, jika dia tidak mengerjakan kewajiban untuk dirinya sendiri dan tidak juga menyuruh orang lain untuk berbuat kebajikan, berarti dia sudah meninggalkan dua kewajiban.

Begitu juga orang yang masih berbuat kemungkaran, hendaknya tetap menyuruh orang lain untuk meninggalkannya, dengan demikian dia telah mengerjakan satu kewajiban. Karena, jika ia yang masih mengerjakan kemungkaran untuk dirinya sendiri dan tidak melarang orang lain juga untuk meninggalkannya, berarti dia telah  meninggalkan dua kewajiban. ( [13] )

Berkata Ibnu Katsir : ‘ Pendapat yang benar adalah pendapat yang menyatakan bahwa seorang ‘alim wajib beramar ma’ruf walaupun dia belum bisa melaksanakannya, dan wajib ber nahi mungkar walaupun dia masih mengerjakannya . ” ( [14] )

Berkata Syekh Utsaimin : ” Lakukan amar ma’ruf, dan berusahalah untuk bisa mengamalkan kebaikan tersebut, sebaliknya lakukanlah nahi mungkar, dan berusahalah untuk menjauhi kemungkaran tersebut . ” ( [15] )

Kairo 24 Juli 2007 M

 




([1])   Ibnu Asyur : Al Tahyir wa At Tanwir    

([2])   Al Qurtubi , Al Jami’ li  Ahkam Al Qur’an: 1/248 

([3])  Prof Hans Kung, teolog Katolik terkenal asal Jerman dalam bukunya The Catholic Church: A Short History (New York: Modern Library, 2003),  mengusulkan agar Vatikan mencabut doktrin celibacy tersebut . Menurut Hans Kung, doktrin itu bertentangan dengan Bible (Matius, 19:12, 1 Timotius, 3:2). Doktrin ini, katanya, juga menjadi salah satu sumber penyelewengan seksual di kalangan pastor. Karena itu Hans Kung menyerukan, Celibacy sukarela, Yes! Celibacy paksaan, No!    ( Adian Husaini, Tantangan Baru Paus , ( Republika.co.id )

([4])   http://www.mail-archive.com/islamkristen@yahoogroups.com

([5])  Adian Husaini, Tantangan Baru Paus , ( Koran Republika, Kamis, 28 April 2005 M )

([6])  Abu Salma, Poligami dihujat ( abusalma.wordpress.com )

([7])  Hidayatullah.com, edisi 15 Pebruari 2005

([8])  Lead.sabda.org

([9])  Majalah: Al-Mujtama’, edisi: 21-27 April 2007

([10])   Hadist Riwayat Muslim.( no : 7483 )

([11])  Hadist Riwayat Ibnu Majah

([12])   Al Qurtubi, Op. Cit  : 1/250 

([13])   Syekh Nasr Sa’dy, Taisir al  Karim al Rahman   fi Tafsir Kalam al Manan, ( Beirut , Muassah Al Risalah, 2000 M )  Juz : I , hal . 51  

([14])   Ibnu Katsir , Tafsir Al Qur’an Al Adhim : 1/ 134   

([15])   Tafsir Syekh Ibnu Utsaimin