SEKILAS TENTANG WAKAF

Assalamualaikum wrb

salam kenal, nama saya fakhrurrazi, asli dari aceh. Sedang menempuh S2 di UGM. saya hanya ingin bertanya tentang hukum wakaf . Bagaimana definisi wakaf yang di ajarkan oleh islam. Apakah wakaf di wajibkan oleh islam kepada Umatnya?. bagaimana perbandingan wakaf menurut Hukum islam dan hukum positif, apakah ada UU yg mengatur tentang wakaf di indonesia.dan apakah mungkin wakaf sebagai resolusi kemiskinan di indonesia?
atas jawabanya saya ucapkan terima kasih .
Wassalam

Komentar oleh razi | Maret 27, 2007

Walaikumussalam Wr. Wb

Wakaf adalah menahan harta atau benda dan menyalurkan manfaatnya di jalan Allah, dengan cara menyerahkannya kepada perorangan atau badan pengelola wakaf dengan ketentuan bahwa manfaatnya disalurkan pada hal-hal yang sesuai dengan syareat.

Wakaf hukumnya sunnah artinya Islam menganjurkan pada umatnya untuk melakukan wakaf. Dalam suatu hadist diebutkan : “ Apabila anak Adam mati, maka terputuslah amalannya, kecuali tiga perkara : sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak soleh yang mendoakan kepadanya.” ( HR Musim ) Sebagian ulama menyatakan bahwa salah satu bentuk sedekah jariyah adalah wakaf.

Negara kita Indonesia telah memiliki pengaturan mengenai wakaf yang tertuang dalam UU Pokok Agraria No. 5/1960 dengan PP No. 28/1977 tentang perwakafan tanah milik, kemudian disempurnakan lagi dengan keluarnya UU No 41/2004 tentang Wakaf. Walaupun begitu, UU tersebut dirasa belum cukup maksimal untuk membantu geraknya wakaf secara nasional.

Wakaf bisa dijadikan salah satu bentuk solusi untuk mengentas kemiskinan di Indonesia. Karena wakaf selain berbentuk tanah dan bangunan, menurut sebagian ulama bisa diwujudkan dalam bentuk uang tunai, yaitu dengan dengan membeli selembar sertifikat wakaf tunai yang diterbitkan oleh institusi pengelola wakaf. Dana wakaf yang terkumpul tersebut bisa dikembangkan dan diinvestasikan ke dalam berbagai sektor usaha yang halal dan keuntungannya bisa dimanfaatkan untuk berbagai program pengentasan kemiskinan, seperti membangun sekolah gratis, memberikan modal bagi orang miskin yang produktif, mendirikan pabrik-pabrik yang menarik ratusan atau ribuan karyawan dengan gaji yang cukup dan lain-lainnya.

Dari beberapa sumber disebutkan bahwa di Inggris terdapat sebuah organisasi pengelola dana wakaf tunai yang.bernama Islamic Relief . Organisasi ini konon telah mampu mampu mengumpulkan wakaf tunai setiap tahunnya sekitar Rp 600 miliar. Dana wakaf tunai tersebut kemudian dikelola dan dikembangkan secara profesional, dan disalurkan kepada lebih dari 5 juta orang yang berada di 25 negara.

Selain itu Wakaf juga bisa berperan di dalam mencerdaskan umat, sebagai contoh Universitas Al Azhar Mesir, mampu menampung ratusan ribu mahasiswa dengan gratis dengan ditopang dana wakaf yang dimilikinya. Ada juga Wakaf Al Fanjari di Mesir juga , yang dimotori oleh DR Al Fanjari . Wakaf ini mampu memberikan ratusan mahasiswa yang belajar di Universitas Al Azhar, juga mampu menggairahkan perkembangan intelektual Islam di dunia Islam dengan mendanai riset-riset ilmiyah dan lain-lainnya. Wallahu A’lam.