Keluarga Berkumpul di Akherat

( 7 ) Assalammu’alaikum ustadz…

saya mau bertanya tentang keluarga ustadz…
apakah benar bahwa satu keluarga bisa di kumpulkan kembali di akhirat kelak… apa dalilnya ustadz ??? dan klo boleh beri juga penjelasannya… dan ciri ciri keluarga agar bisa berkumpul kembali di akhirat itu seperti apa ??? serta bagaimana supaya keluarga kita bisa berkumpul kembali di akhirat kelak ???

mungkin sekian ustadz.. sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih…

wassalam

Benar, sebuah keluarga bisa berkumpul di Akherat nanti. Dalilnya adalah firman Allah :

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُم بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَاهُم مِّنْ عَمَلِهِم مِّن شَيْءٍ كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِين

Dan orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya ( QS At Thur : 21 )

Ayat di atas menunjukkan bahwa keluarga orang-orang beriman, kelak akan berkumpul lagi di akherat. Dengan syarat orang tua mereka harus beriman kepada Allah, begitu juga anggota keluarga yang lain, seperti istri anak dan cucunya, walaupun keimanan mereka tidak sama derajatnya. Ini semua adalah rahmat Allah yang diberikan kepada para orang tua yang benar-benar beriman, karena secara fitrah seseorang akan senang jika keluarga-nya yang dicintai di dunia bisa berkumpul kembali di Akherat kelak.

Adapun, trik-trik agar keluarga kita bisa berkumpul kembali di Akherat, yaitu dengan selalu mengajak, membimbing dan mengarahkan mereka agar selalu mentaati perintah-perintah Allah swt dan menjauhi segala larang-larangan-Nya.  Wallahu A’lam

ٌ